KESERUAN KEGIATAN PEKO 2021

Koperasi Mahasiswa UIN JKT

KESERUAN KEGIATAN PEKO 2021

Salam Hatta Muda! 

Pekan Koperasi Nasional atau yang biasa disingkat PEKO merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa UIN Jakarta. Acara ini juga terlaksana dalam upaya memeriahkan Anniversary Kopma UIN Jakarta, khususnya di tahun ini yang ke 31. Selain memeriahkan Anniversary Kopma UIN Jakarta dengan menghadirkan lomba-lomba skala nasional. 

PEKO 2021 juga menggandeng Kopma Charity selaku Lembaga Semi Otonom yang bergerak di bidang kemanusiaan untuk mengadakan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di dua tempat yaitu Panti Mizan dan juga Kampung Pemulung yang terletak di kawasan Ciputat Tangerang Selatan

PEKO Nasional 2021 mengangkat tema “Peran Koperasi Mahasiswa dalam Percepatan Transformasi Koperasi menuju Ekonomi Gigital.” Kenapa kami mengusung tema seperti itu? Karena kami merasa bahwa masa depan dari kehidupan manusia akan terjun kedalam dunia digital. Maka dari itu, kami berharap dengan adanya acara PEKO ini menjadi pemantik bagi kawan-kawan Kopma di seluruh Indonesia untuk dapat menjadi pelopor kebangkitan ekonomi nasional dengan mengangkat transformasi koperasi menuju era digital

Acara yang diikuti oleh lebih dari 40 peserta ini, mengikuti beragam perlombaan yang diadakan diantaranya yaitu Bussines Plan, Infografis competition, Master of Ceremony competition, dan juga Mobile Legend competition.

PEKO tahun ini menghadirkan Kopma UNIVERSITAS SILIWANGI sebagai juara umum karena mampu mengungguli dari sekian banyak KOPMA yang ada di Indonesia dengan mengamankan 4 gelar sekaligus, dengan itu, Koperasi Mahasiswa UNIVERSITAS SILIWANGI mampu mengamankan dirinya sebagai juara umum pada PEKO Nasional 2021.

Salah satu yang paling menarik dari acara PEKO Nasional 2021 terletak pada Closing acara. Selain menjadi wadah untuk menjalin silaturahmi antara pengurus kopma, pengawas, dan alumni Kopma UIN Jakarta yang juga menyempatkan hadir.

di acara closing ini juga ada seremonial pemotongan tumpeng sebagai bentuk simbolis dalam perayaan Anniversary Kopma UIN Jakarta yang ke-31, dan juga terdapat berbagai macam hiburan yang disediakan untuk memeriahkan momen bersejarah bagi kopma UIN Jakarta diantaranya ada Live Music dari kak Salsabila Sahara dan juga Stand up komedi dari Stand up UIN Jakarta. 

Menarik kan dari acara PEKO tahun ini?. 

Semoga di tahun berikutnya kita bisa ketemu lagi yaa…
See you next year.

Penulis: Abdullah Arif
Editor: Salsabila
Photographer: Rahman Aulia